close

Pentingnya Membuat Profil Bisnis Bagi Perusahaan

Sebuah bisnis ataupun perusahaan seyogyanya memiliki sebuah profil bisnis. Profil bisnis digunakan untuk memperkenalkan perusahaan sebelum melakukan kerjasama dengan pihak lain. Itulah mengapa sebuah profil bisnis harus memberi kesan yang baik saat pertama kali dibaca oleh pihak bersangkutan.

Mengapa Profil Bisnis Penting?

Sebuah profil bisnis dapat dianggap sebagai sebuah identitas perusahaan. Profil bisnis akan menjadi touch point pertama antara perusahaan dengan client, investor, stakeholder, maupun pihak yang akan bekerjasama lainnya.

Dalam sebuah kerjasama, profil bisnis dapat digunakan untuk menyampaikan budaya kerja dan value perusahaan. Budaya kerja yang positif dan value perusahaan yang kuat akan menarik calon investor maupun calon karyawan terbaik.

Dalam fungsinya sebagai identitas perusahaan, penting bagi profil bisnis untuk dibuat dengan menarik. Sebuah profil bisnis yang menarik tentu akan menciptakan kesan perusahaan yang baik sehingga membuka lebar kesempatan untuk melangkah ke proses kerjasama selanjutnya.

Lalu, bagaimana cara membuat profil bisnis yang menarik?

Cara Membuat Profil Bisnis

Mengingat pentingnya sebuah profil bisnis bagi perusahaan, maka cara pembuatan profil bisnis pun harus diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah membuat profil bisnis yang menarik.

1. Tuliskan Informasi Dasar Perusahaan

Sebelum memberi tahu keunggulan dan value yang dimiliki oleh perusahaan, Anda harus terlebih dahulu memberi tahu kepada pembaca tentang siapa Anda. Informasi-informasi dasar perusahaan seperti nama perusahaan, info kontak, lokasi, aktivitas industri, jenis produk, jumlah karyawan dan sebagainya harus menjadi yang terlebih dahulu dimuat dalam profil bisnis.

2. Menyampaikan Visi, Misi, dan Value Perusahaan

Setelah menyampaikan informasi dasar perusahaan, Anda bisa berlanjut ke langkah selanjutnya yakni menyampaikan visi, misi, dan nilai–nilai perusahaan. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan riwayat perusahaan, termasuk latar belakang didirikannya perusahaan.

3. Menuliskan Informasi yang Lebih Mendetail Tentang Perusahaan

Jika informasi dasar, visi, misi, nilai-nilai, dan sejarah perusahaan telah disampaikan, maka Anda dapat berlanjut untuk menuliskan informasi yang lebih mendetail. Di langkah ini Anda bisa mulai menceritakan produk atau layanan yang Anda berikan kepada konsumen. Selain itu, Anda juga bisa mulai menyampaikan penghargaan-penghargaan yang pernah didapat atas mutu produk dan layanan Anda terhadap konsumen. Hal yang menyakut finansial perusahaan juga bisa disampaikan pada langkah ini.

4. Selalu Menggunakan Data yang Up-to-Date

Saat menuliskan profil bisnis, penting untuk menggunakan data yang terkini. Penggunaan data lama tentu akan menurunkan kredibilitas. Untuk selalu memastikan bahwa data yang digunakan adalah data terbaru, profil bisnis dapat diperbaharui di setiap quarter ataupun setahun sekali.

5. Sajikan dengan Singkat dan Rapi

Sebuah profil bisnis sebaiknya disajikan dengan singkat. Namun, walaupun singkat, profil bisnis harus tetap mencakup semua poin-poin penting. Maksudnya, penyajian profil bisnis tidak boleh bertele-tele atau mengulang poin yang sama berkali-kali.

Selain itu, penting juga untuk menyajikannya dengan rapi. Selain dari format tulisan, penulisan kata dan typo harus diperhatikan. Karena, jika format tidak rapi dan terdapat banyak typo, tentu akan menurunkan kredibilitas perusahaan di mata pembaca.

6. Katakan Hal yang Menjadikan Perusahaan Anda Sebagai yang Terbaik

Untuk menutup sebuah profil bisnis, Anda sebaiknya menuliskan hal-hal yang benar-benar berkesan bagi pembaca. Tentu saja, di langkah ini Anda harus menyampaikan poin yang bisa membuat pembaca semakin yakin dan bisa memutuskan untuk bekerja sama. Oleh karena itu, di langkah ini Anda harus menyampaikan alasan yang membuat perusahaan Anda menjadi yang terbaik, misalnya dengan bukti pencapaian, testimoni pelanggan, dan menuliskan kekuatan yang dimiliki perusahaan Anda yang membuatnya berbeda dengan kompetitor.

Nah, itu tadi beberapa cara membuat profil bisnis yang baik. Profil bisnis sendiri dapat digunakan untuk banyak hal, salah satunya sebagai paragraf pembuka untuk informasi lowongan pekerjaan di perusahaan Anda.

Untuk mendapatkan kandidat karyawan terbaik, Anda dapat memasang informasi lowongan kerja di platform job portal terpercaya seperti KitaLulus. Selain prosesnya mudah, memasang informasi lowongan kerja di KitaLulus juga gratis. Jadi, yuk pasang sekarang!

Tinggalkan komentar