Loading Events
Google Ads

« All Events

  • This event has passed.

Training MSDS

24 October @ 08:00 sampai 17:00

 

Training Pembuatan MSDS – Material Safety Data Sheet yang lebih akrab dengan sebutan MSDS adalah informasi yang berisi terkait dengan sifat kimia dan fisika dari suatu zat kimia/produk, yang mencangkup cara/prosedur penyimpanan, penanganan, pemakaian, cara pembuangan limbah zat kimia, penanganan K3 dan dampak terhadap lingkungan sekitar. Pada umumnya MSDS digunakan sebagai acuan atau protol kesehatan dan keselamatan kerja yang diaplikasikan secara luas di dalam laboratorium, perindustrian, jasa pengiriman/logistic serta pihak-pihak lain yang berkepentingan, dimana kegiatan sehari-harinya bekerja dengan menggunakan zat kimia. Almost Running :
Dilain sisi banyak MSDS yang kita dapatkan pada saat kita membeli zat kimia dari supplier produk kimia tidak lengkap ataupun tidak memenuhi standar. Tentunya dalam kondisi seperti menjadi masalah sendiri bagi para konsumen (laboratorium, perindustrian etc), mengingat kelengkapan data yang ada pada MSDS sangat diperlukan sebagai dasar penanganan zat kimia, untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.

Banyak dampak negative dan resiko apabila zat kimia tidak dilengkapi MSDS yang sesuai standar, oleh karena itu hal ini menjadi kebutuhan mendesak bagi para penggunan zat kimia, dan diharapkan apabila tidak menemukan MSDS di zat kimia/produk yang dihasilkan bisa membuat sendiri MSDS yang lengkap serta sesuai dengan standar yang berlaku.  Dalam kesempatan yang baik ini sebagai laboratory consultant yang sudah sangat berpengalaman dalam membuat MSDS dan menangani zat/produk kimia , bermaksud menyelenggarakan program Training Pembuatan MSDS yang sangat penting di ikuti untuk menjaga situasi dan kondisi aman dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, terutama yang berhubungan dengan zat-zat kimia.

MAKSUD & TUJUAN

Dalam program Training Pembuatan MSDS – Material Safety Data Sheet dimaksud kan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang memadai terkait dengan penanganan zat/produk kimia yang berbahaya yang beresiko terhadap keselamatan dan kesehatan semua pihak yang terlibat, dan juga lingkungan sekitarnya, baik untuk kebutuhan eksport zat/bahan/produk maupun kebutuhan lainya. Dan diharapkan dengan telah menyelesaikan program Training Pembuatan MSDS ini diharapkan peserta mampu:

1. Mengetahui dan memahami kriteria, macam-macam symbol dari sifat-sifat zat kimia

2. Mengetahui secara teknis dan pendokumentasian terkait dengan penanganan zat/bahan/produk kimia berbahaya, baik dari sisi kesehatan dan keselamatan kerja (K3) maupun terhadap dampak terhadap lingkungan.
3.
Mampu merencanakan sekaligus membuat data MSDS yang benar sesuai dengan standar, baik keperluan penjualan, ekspor, maupun pengiriman zat/barang/produk hasil produksi.
BAHAN AJAR

1. Macam dan berbagai model MSDS

2. Mengenal jenis simbol bahaya: Eropa. PBB (United Nation), NFPA (National Fire Assosiation) dan GHS (Global Harmonized Syatem)

3. Rincian MSDS: identifikasi bahan kimia, komposisi bahan kimia, potensi bahaya, pertolongan pertama pada kecelakaan, tindakan penanggulangan kebakaran, tindakan penanganan kebocoran/tumpahan, penanganan dan penyimpanan, pengendalian paparan dan alat pelindung diri, sifat fisika dan kimia bahan, stabilitas dan reaktifitas bahan, informasi toksikologi, Informasi ekologi, pembuangan limbah, peraturan dan perundang-undangan.

4. Praktek pembuatan MSDS versi Indonesia

5. Praktek pembuatan MSDS kebutuhan eksport
METODE PELAKSANAAN

Dalam program Training Pembuatan MSDS ini menggunakan metode aplikatif dan interaktif, dimana selama pelatihan berjalan terdiri dari 40% Teori, 35% Praktek, 25% presentasi, evaluasi, study kasus dan diskusi kelompok.

SIAPA PESERTA YANG HARUS IKUT..??
Manajer teknis laboratorium, manajer mutu laboratorium, analis, penyelia laboratorium, petugas admin lab, laboran, chemistry dan seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak dalam penanganan zat/bahan/produk  ataupun kimia berbahaya.

INVESTASI
Rp 4.750.000,-/peserta

DURASI
2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

FASLILITAS

Sertifikat, Modul (soft & hard copy), Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint), Jacket, Lunch, 2x Coffee Break

Lokasi Pelatihan

IEC Training Center – Permata Kuningan; Lt. 17
Kawasan Bisnis Epicentrum Jl. Kuningan Mulia Kav. 9
HR. Rasuna Said – Jakarta Selatan

Informasi Pendaftaran

JAKARTA:
Ateta Kamica
Call/WA : 08111797484
Email : cs@environment-indonesia.com

BALIKPAPAN:
Bety
Call/WA : 08118758223
Email : bety.eka@synergysolusi.com

https://environment-indonesia.com/training-pembuatan-dan-aplikasi-lembar-keselamatan-bahan-kimia-material-safety-data-sheet-msds/

Venue

IEC Training Center
Permata Kuningan; Lt. 17 Kawasan Bisnis Epicentrum Jl. Kuningan Mulia Kav. 9 HR. Rasuna Said – Jakarta Selatan
jakarta, Indonesia
+ Google Map
Website:
https://environment-indonesia.com/training-pembuatan-dan-aplikasi-lembar-keselamatan-bahan-kimia-material-safety-data-sheet-msds/

© 2015 Acara.co.id was Acara-Acara.Com, powered by